Contoh Public Speaking Berdasarkan Konsep Kegiatannya

Mengenal 5 Contoh Public Speaking Berdasarkan Konsep Kegiatannya
Mengenal 5 Contoh Public Speaking Berdasarkan Konsep Kegiatannya

Menguasai ilmu berbicara di depan umum atau public speaking dapat mempermudah Anda dalam menyampaikan pesan kepada orang lain. Anda bahkan bisa mempengaruhi mereka untuk melakukan sesuatu. Setidaknya terdapat lima contoh public speaking berdasarkan konsep kegiatannya. Apa sajakah itu? Berikut uraiannya. 

Presentasi

Presentasi merupakan contoh berbicara di depan umum yang bertujuan untuk menyampaikan ide atau materi tertentu. Di sekolah, pelajar melakukan presentasi di depan teman sekelas untuk memenuhi tugas yang diberikan oleh guru. Sementara di kantor, presentasi biasanya dilakukan untuk menyampaikan hasil kerja atau program perusahaan yang akan dilaksanakan.  

Seminar 

Seminar adalah kegiatan atau pertemuan yang didedikasikan untuk diskusi serta merepresentasikan sebuah topik. Pembicara pada seminar merupakan ahli dalam bidang terkait. Sementara audiensnya bisa berupa ahli di bidang yang sama atau peserta umum yang tertarik dengan topik tersebut. 

Seorang pembicara dalam kegiatan seminar harus memiliki kemampuan public speaking yang mumpuni. Dalam kegiatan ini, tujuan public speaking adalah untuk menginformasikan sesuatu, menyampaikan motivasi, mempengaruhi audiens hingga menghibur audiens. 

Mengajar

Guru atau dosen dituntut untuk bisa menyampaikan materi menggunakan bahasa yang mudah dipahami. Dengan ilmu public speaking kegiatan mengajar tidak akan terasa membosankan. Utamanya untuk penyampaian materi baru yang cukup sulit.

Sambutan Pembuka

Contoh public speaking yang selanjutnya yaitu sambutan pembuka pada sebuah acara. Apabila Anda ditunjuk untuk memberikan sambutan pembuka, maka Anda perlu memahami tujuan acara serta profil audiens yang hadir. Hal tersebut dapat memudahkan Anda untuk memilih cara penyampaian sambutan pembuka yang paling tepat. 

Membawakan Acara 

Seorang pembawa acara atau MC (Master of Ceremony) harus memiliki kemampuan public speaking Mengapa demikian? Alasannya karena mereka harus memandu acara dari awal sampai akhir dengan lancar. Berbeda dengan teknik public speaking yang dilakukan pada kegiatan formal, teknik public speaking untuk MC biasanya lebih santai. Misalnya untuk acara resepsi pernikahan atau ulang tahun. 

Baca Juga :  4 Materi Public Speaking Yang Menarik Dan Informatif

Ceramah 

Ceramah adalah contoh berbicara di depan umum yang dilakukan oleh para pemuka agama. Tujuannya untuk menyampaikan ajaran agama kepada audiensnya. Meski bersifat serius, penyampaian ceramah perlu dilakukan dengan semenarik mungkin. Pemuka agama bisa menambahkan berbagai isu-isu terkini untuk menunjang materi ceramah yang ingin disampaikan. 

Penambahan isu-isu terkini yang terjadi di tengah masyarakat akan membuat audiens merasa tertarik untuk mengikuti ceramah sampai selesai. Mereka juga bisa menangkap serta memahami isi pesan yang disampaikan. 

Itulah informasi mengenai lima contoh public speaking yang perlu Anda ketahui. Memiliki kemampuan public speaking tentu dapat mempermudah Anda dalam memilih berbagai jenis karier yang disukai. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mempelajari ilmu public speaking dengan baik. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *