Public Speaking Adalah : Pengertian Hingga Manfaatnya 

Memahami Public Speaking Adalah: Pengertian Hingga Manfaatnya
Memahami Public Speaking Adalah: Pengertian Hingga Manfaatnya

Public speaking adalah salah satu skill yang harus dipelajari oleh semua orang. Terutama bagi Anda yang sering merasa gugup ketika harus berbicara di depan umum. Dengan mempunyai kemampuan tersebut ternyata akan sangat bermanfaat terutama ketika memasuki dunia kerja. 

Jika Anda tidak mempunyai kemampuan untuk berbicara di depan umum, maka sangat penting agar belajar public speaking terlebih dahulu. Tidak ada kata terlambat untuk mempelajari hal baru termasuk juga mempelajari bagaimana strategi dalam berbicara di depan umum. Terlebih lagi beberapa situasi mungkin mengharuskan Anda agar berbicara di depan umum. 

Misalnya saja ketika harus membawakan suatu materi, presentasi atau bahkan ketika harus menjadi pemimpin rapat. Tanpa mempunyai kemampuan berbicara di depan umum yang baik, jelas Anda akan kesulitan dalam memasuki dunia kerja. Untuk itulah Anda perlu mempelajari materi public speaking artinya apa hingga manfaatnya di bawah ini. 

Pengertian Public Speaking Adalah

Apa itu public speaking? Pertanyaan tersebut mungkin masih menjadi hal yang dipikirkan oleh sebagian besar orang. Public speaking sendiri terdiri dari 2 kata yakni public berarti umum dan speaking artinya berbicara. Jadi secara sederhana pengertiannya adalah kemampuan dalam berbicara di depan umum melalui presentasi secara lisan. 

Dalam praktiknya, proses berbicara di depan umum tersebut bukan hanya melalui acara formal saja tetapi juga informal atau bahkan spontan. Baik itu dengan para audiens yang telah dikenal sebelumnya atau bahkan sama sekali tidak dikenal. Oleh karena itulah kemampuan tersebut dianggap sangat penting karena dapat membangun keterlibatan ataupun relasi sekaligus. 

Sedangkan pengertian public speaking oleh Stephen E.Lucas adalah proses komunikasi verbal dimana dirancang guna memberikan pengaruh perasaan, pemikiran ataupun tindakan kepada audiens. Lain halnya dengan pendapat Dale Carnegie yakni kemampuan yang dimiliki oleh seseorang guna mempengaruhi orang lain dengan cara berbicara di depan umum. 

Tujuan 

Setelah memahami materi public speaking mengenai pengertiannya di atas, maka berikutnya adalah tujuannya. Sebenarnya keberadaan dari skill tersebut sudah digunakan oleh manusia untuk berbagai kepentingan misalnya saja bersifat persuasif atau mampu memicu tindakan tersebut. Meskipun demikian, teknik untuk penyampaiannya mungkin berbeda dan disesuaikan dengan tujuan berbicara di depan umum. 

Selain digunakan untuk acara formal, keberadaannya juga dapat digunakan untuk acara nonformal juga misalnya saja adalah untuk acara pernikahan ataupun ulang tahun. Berikut ini adalah sejumlah tujuan public speaking yang harus Anda ketahui. 

  • Dapat memberikan motivasi kepada para audiens. Misalnya saja sering digunakan oleh seorang motivator, guru ataupun  atasan yang ingin para pendengarnya menjadi berkembang
  • Untuk menyampaikan suatu informasi tertentu 
  • Mampu membantu mengendalikan situasi 
  • Dapat mempengaruhi pola pikir maupun perilaku dari para audiens. 
  • Sebagai sarana untuk menghibur para pendengar. Misalnya saja adalah stand up comedian dimana menjadi skill berbicara di depan umum untuk menghibur orang. 

Contoh Public Speaking 

Ada beberapa contoh jenis public speaking yang biasanya digunakan oleh masyarakat. Adapun jenis tersebut ternyata disesuaikan dengan acara apakah formal atau informal. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa contoh dari kemampuan berbicara di depan umum. 

1. Pidato 

Pertama adalah pidato ini dimana menjadi kegiatan berbicara di depan umum untuk menyampaikan suatu informasi, pesan atau memberikan motivasi. Keberadaan dari pidato biasanya akan disampaikan secara resmi atau formal. Audiensnya juga merupakan tamu undangan di dalam kegiatan tersebut. 

2. Konferensi 

Contoh public speaking berikutnya adalah konferensi satu ini dimana dalam kegiatannya akan melibatkan banyak orang. Semua pembicara juga akan bergiliran untuk mempresentasikan ide maupun hasil dari penelitian. Audiensnya adalah para pakar di dalam bidang sama. 

3. Seminar 

Seminar hampir sama dengan pidato hanya saja lebih digunakan sebagai sarana untuk melakukan diskusi. Selain itu, juga sering digunakan untuk mempresentasikan materi tertentu. Untuk para audiens biasanya adalah orang yang ahli di bidang tertentu dan peserta undangan dimana tertarik dengan topik bersangkutan. 

4. Debat 

Contoh lainnya adalah debat dimana nantinya akan melibatkan dua ataupun lebih pembicara. Setiap pembicara nantinya akan menyampaikan argumentasi mereka. Di samping itu, juga memberikan pengaruh kepada audiens agar mendengarkan pendapat sang pembicara. 

Tips dan Cara Meningkatkan Skill

Sampai disini, Anda mungkin ingin meningkatkan kemampuan dalam berbicara di depan umum tersebut bukan. Untuk bisa berbicara di depan umum dengan lancar sebenarnya dapat dipelajari asalkan Anda tidak menyerah begitu saja. Nah, di bawah ini adalah sejumlah cara public speaking yang bisa diterapkan. 

1. Pastikan Percaya Diri

Kepercayaan diri merupakan hal yang paling utama jika Anda ingin lancar berbicara di depan umum. Pastikan Anda juga mempunyai keyakinan sekaligus keberanian yang tertanam kuat di dalam diri. Tidak ada salahnya untuk rutin berlatih minimal 30 menit setiap harinya. Jika perlu cobalah meminta bantuan dari teman atau keluarga dahulu untuk mendengarkan isi materi yang akan dibawakan. 

2. Jangan Langsung Berbicara

Apabila pembawa acara memanggil namamu dan Anda mulai melangkahkan kaki, maka pada momen tersebut kemungkinan akan merasa gugup. Salah satu kesalahan yang sering dilakukan untuk menutupi rasa gugup adalah langsung berbicara. Padahal kami menyarankan Anda agar jangan langsung berbicara tetapi tariklah nafas dan berdiam sejenak di depan sebelum memutuskan berbicara. 

3. Selalu Menjaga kontak Mata

Kontak mata adalah hal yang sangat penting ketika Anda sedang berbicara di depan umum. Jika belum terbiasa untuk melihat audiens tepat di mata, cobalah alihkan pandangan ke bagian dahi atau hidung mereka. Dengan menjaga kontak mata ternyata akan membantu meningkatkan kedekatan antara Anda dan para audiens nantinya. 

4. Jangan Bicara Secara Tergesa

Rasa gugup yang menyelimuti diri memang akan membuat seseorang merasa kesulitan ketika hendak menyampaikan informasi dengan lancar. Bahkan ketika merasa cemas, mereka justru berbicara dengan cepat dan melewatkan beberapa poin penting. Disinilah, sebaiknya Anda harus berbicara dengan perlahan. 

5. Perhatikan Intonasi Suara

Tidak boleh dilewatkan, Anda sebaiknya juga harus memperhatikan intonasi suara juga sehingga dapat membantu meningkatkan kesuksesan dalam public speaking. Intonasi suara ini bisa mendorong rasa tertarik serta keyakinan dari pihak audiens agar selalu mendengarkan materi Anda. 

Manfaat 

Dengan mempunyai kemampuan berbicara di depan umum, ternyata akan memberikan sejumlah manfaat. Meskipun begitu, tidak sedikit dari Anda mungkin masih meremehkan manfaatnya. Berikut ini sejumlah manfaat public speaking yang perlu diketahui:

  • Membantu meningkatkan rasa percaya diri
  • Meningkatkan kemampuan dalam berkomunikasi
  • Membantu meningkatkan wawasan sekaligus pengetahuan 
  • Memiliki kemampuan persuasi 
  • Meningkatkan jaringan atau relasi
  • Membantu meningkatkan citra diri

Kemampuan berbicara di depan umum menjadi hal yang sangat penting untuk dimiliki. Terlebih lagi kalau Anda sering dihadapkan pada situasi harus berbicara di depan umum. Public speaking adalah salah satu kemampuan yang bermanfaat bagi siapa saja. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *