Kiat Sukses Belajar Public Speaking Untuk Pemula

Kiat Sukses Belajar Public Speaking Untuk Pemula
Kiat Sukses Belajar Public Speaking Untuk Pemula

Apakah Anda ingin tampil percaya diri saat berbicara di depan umum? Jika iya, mempelajari ilmu public speaking adalah solusi yang tepat. Sebagai informasi, pada artikel ini akan diulas mengenai beberapa kiat sukses belajar public speaking untuk pemulayang bisa Anda ikuti.

Menguasai Materi Yang Akan Disampaikan

Kiat pertama, Anda harus menguasai dengan baik materi yang akan disampaikan. Anda bisa membuat poin-poin utama yang ingin dibahas menggunakan kertas atau catatan digital. Cara ini akan mempermudah Anda dalam mengingat susunan materi yang telah ditentukan sebelumnya. Dengan menguasai materi public speaking, Anda bisa menyampaikan pembahasan tanpa rasa gugup. 

Mengenali Karateristik Audiens

Public speaking adalah kemampuan berbicara di hadapan orang banyak untuk menyampaikan sebuah pesan maupun gagasan secara interaktif. Oleh karena itu, seorang public speaker atau pembicara harus menjalin keakraban dengan audiens mereka.

Agar jalinan interaksi berjalan dengan lancar, Anda harus mengenali profil atau karakteristik audiens. Mulai dari usia, latar belakang serta tujuan mereka hadir di acara tersebut. Setelah mengenali karakteristik audiens, Anda bisa dengan mudah memilih cara menyampaikan materi yang sesuai. Baik itu dari pemilihan kata maupun nada bicara. Dengan demikian, audiens akan merasa tertarik mendengarkan Anda berbicara. 

Menyisipkan Kata-Kata Humor 

Kiat sukses belajar public speaking yang berikutnya adalah dengan selalu menyisipkan kata-kata humor. Kata-kata humor yang sisipkan bisa membuat suasana yang membosankan menjadi lebih menyenangkan. Terlebih lagi jika audiens mulai mengantuk atau teralihkan fokusnya pada hal lain. 

Namun perlu diingat, Anda juga harus bisa membatasi penggunaan kata-kata humor yang berlebihan. Sebab, esensi pesan yang ingin Anda berikan mungkin tidak bisa tersampaikan dengan baik kepada audiens. Cukup sisipkan kata-kata humor pada saat opening atau di beberapa bagian poin materi saja.

Berbicara Secara Perlahan

Rasa gugup terkadang membuat seseorang tanpa sadar berbicara terlalu cepat. Pola bicara yang terlalu cepat tentu akan membuat audiens tidak bisa menangkap pesan yang ingin Anda sampaikan. Berbicara terlalu cepat juga akan mempersulit Anda dalam memberikan kesimpulan. Maka dari itu, usahakan untuk berbicara dengan santai dan perlahan. Selain itu, lakukan sedikit permainan intonasi bicara untuk memikat perhatian audiens. 

Tetap Tenang

Kiat yang terakhir yaitu kondisikan diri agar tetap tenang. Jika Anda merasa gugup, lakukanlah beberapa hal yang membuat pikiran rileks. Apabila rasa gugup tak kunjung hilang, cobalah untuk menarik nafas dan tahan selama 10 detik. Setelah itu, hembuskan nafas perlahan dan ulangi selama beberapa kali.

Itu dia beberapa kiat sukses belajar public speaking untuk pemula. Dengan mengetahui kiat-kiatnya, Anda diharapkan bisa lebih percaya diri berbicara di depan umum. Anda juga secara tidak langsung dapat melatih diri untuk selalu berpikir kreatif dan solutif. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *