Buku Pengembangan Diri, Cara dan Manfaatnya

Buku Pengembangan Diri, Cara dan Manfaatnya
Buku Pengembangan Diri, Cara dan Manfaatnya

Bertambahnya usia sejalan dengan berkembangnya pula diri Anda, terutama pada pola pikir, perilaku, sikap, dan lainnya. Untuk mengembangkan diri ada banyak cara salah satunya dengan membaca buku pengembangan diri karya penulis termasyhur yang mampu membantu pembaca meningkatkan value diri mereka. Mengapa pengembangan diri amat penting?

Pentingnya Pengembangan Diri

Pengembangan diri adalah proses batiniah dan fokus terhadap suatu hal terbaik untuk diri sendiri yang melibatkan aktivitas peningkatan kepercayaan diri, kesadaran, mengembangkan keahlian, serta memenuhi aspirasi diri. Melalui beberapa aktivitas tersebut kelak Anda dapat meraih hasil, tujuan, dan minat dalam kehidupan sehari-hari. Pengembangan diri mencakup beberapa aspek penting, mulai dari mental, sosial, emosional, spiritual, dan fisik.

Cara Mengembangkan Diri

Lantas, apa saja cara-cara untuk mengembangkan diri?

  • Membaca buku seputar pengembangan diri
  • Bergabung ke dalam komunitas
  • Menulis atau journaling
  • Mencoba keahlian baru
  • Berjumpa dengan orang-orang berlatar belakang variatif.

Manfaat Buku Pengembangan Diri

“Buku adalah jendela pengetahuan”, kalimat satu ini mungkin sering Anda dengar sebagai pengingat untuk menjadikan buku sebagai teman mengisi waktu luang yang bermanfaat. Kalimat tersebut benar adanya, dan buku merupakan salah satu media yang dapat membuka pikiran Anda terhadap banyak perspektif baru dalam proses mengembangkan diri.

Apa saja manfaat buku seputar self development?

1. Perluas pengetahuan dasar

Buku pengembangan diri dapat membantu Anda memperluas pengetahuan dasar mengenai dunia yang sebelumnya Anda tak tahu. Aktivitas tersebut jika diteruskan akan menjadi kebiasaan baik yang lambat laun diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

2. Memahami dunia lebih baik

Semua orang berbeda dan dunia punya keunikan tersendiri yang mungkin akan membuat Anda sedikit kaget ketika menjumpai sesuatu yang berbeda. Membaca buku-buku pengembangan diri juga bantu Anda untuk memahami dunia lebih baik dari sebelumnya dengan mengombinasikan antara manusia, budaya, kehidupan bermasyarakat, hingga sejarah.

3. Asah kemampuan berpikir kritis

Kemampuan berpikir kritis juga termasuk ke dalam bagian dari pengembangan diri yang penting dimiliki oleh seseorang, Anda dapat mengasahnya dengan menjadikan membaca buku sebagai bagian dari rutinitas harian.

Rekomendasi Buku Self Development

Ingin meningkatkan value diri? Berikut beberapa rekomendasi buku bacaan terbaik untuk Anda :

  • Berdamai dengan Diri Sendiri karya Muthia Sayekti mengajak Anda untuk mencoba lebih menerima takdir, anugerah dari Tuhan. Buku tersebut mengajarkan pembacanya memaksimalkan kelebihan yang saat ini dipunya.
  • Terima Kasih Sudah Mengatakannya karya Kim Yu-Jin yang mengajarkan pembaca cara berkomunikasi terhadap lawan bicara dengan tutur kata sopan, jelas, dan lugas.
  • Gesture karya Zaka Putra merupakan buku pengembangan diri yang sedang tren di internet. Buku karya Zaka mengolaborasikan antara ilmu komunikasi dan psikologi yang membahas cara berinteraksi, serta memaknai perilaku dan sikap orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *