Bagaimana Cara Anda Menyikapi Masukan Dan Umpan Balik Tersebut Untuk Pengembangan Diri Anda?

Bagaimana Cara Anda Menyikapi Masukan Dan Umpan Balik Tersebut Untuk Pengembangan Diri Anda?
Bagaimana Cara Anda Menyikapi Masukan Dan Umpan Balik Tersebut Untuk Pengembangan Diri Anda?

Proses pengembangan diri memanglah tidak mudah dan instan. Butuh waktu bagi Anda untuk bisa dalam tahap menerima diri, memulai kebiasaan baru dalam hidup. Sebagai bagian dari pengembangan diri, umpan balik dan masukan dapat dipertimbangkan. Namun, bagaimana cara Anda menyikapi masukan dan umpan balik tersebut untuk pengembangan diri Anda?

Pentingnya Masukan dan Umpan Balik

Tidak semua hal yang Anda lakukan akan menerima respons positif dari orang lain, sebaliknya sebagian orang justru akan mengkritik, memberikan masukan juga umpan balik terhadap apa yang telah dilakukan. Akan tetapi, apakah Anda bisa menerima kedua hal tersebut?

Faktanya, tak semua orang siap atau suka terhadap umpan balik yang diberikan orang lain. Padahal masukan maupun umpan balik ini sama pentingnya dengan respons positif, antara lain :

  • Bahan evaluasi diri
  • Peroleh ilmu dari pAndangan baru
  • Menjadikan diri Anda lebih baik ke depannya
  • Mulai memperbaiki apa yang dianggap masih kurang
  • Mendapatkan ilmu dari orang yang lebih kompeten

Melihat manfaat dari masukan dan umpan balik yang telah disebutkan di atas, sepertinya tak ada yang salah untuk mulai belajar menerima berbagai pendapat dari banyak orang demi kebaikan diri Anda. Hal tersebut juga bagian dari pengembangan diri yang dibutuhkan untuk keluar dari zona nyaman.

Bagaimana Cara Anda Menyikapi Masukan Dan Umpan Balik Tersebut Untuk Pengembangan Diri Anda?

Pengembangan diri adalah proses penerimaan dan upgrade diri ke versi yang lebih baik melalui berbagai cara, seperti menerima masukan dan umpan balik. Apakah Anda masih sulit untuk lebih terbuka terhadap masukan? Berikut beberapa cara tepat dalam menyikapinya :

1. Coba memahaminya

Ketika menerima masukan, coba fokus untuk memahaminya terlebih dahulu dibandingkan langsung bereaksi.

2. Refleksi

Refleksi diri adalah bentuk penerimaan umpan balik paling esensial. Refleksikan apa yang salah dan apa yang perlu dilakukan.

3. Ubah cara Pandang

Umumnya orang menghindari umpan balik dan masukan sebab dianggap memalukan atau sebagai ancaman, namun Anda harus mulai mengubah cara pAndang dengan melihat kedua hal tersebut sebagai sesuatu yang positif demi kemajuan diri.

4. Dengarkan dengan baik

Cara menyikapi masukan dan umpan balik tersebut untuk pengembangan diri Anda? Cara paling tepat adalah dengarkan dengan baik apa yang orang lain ingin sampaikan untuk perubahan Anda di masa mendatang.

5. Hindari sikap defensif

Bersikap defensif adalah reaksi umum yang dilakukan ketika menerima umpan negatif, akan tetapi demi pengembangan diri mulailah untuk menghindari bersikap defensif atau mengabaikan kritikan.

6. Jangan lupa dicatat

Untuk bahan pembelajaran di masa mendatang, Anda boleh mencatat apa saja masukan serta umpan balik yang telah diterima dan cobalah mempelajarinya.

Itu dia manfaat baik dan cara menghadapi umpan balik dan masukan untuk pengembangan diri Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *