6 Contoh Pengembangan Diri Dan Tipsnya

6 Contoh Pengembangan Diri Dan Tipsnya
6 Contoh Pengembangan Diri Dan Tipsnya

Pengembangan diri adalah proses menjadikan diri lebih baik yang umum dilakukan oleh seseorang sepanjang hidupnya. Ada banyak sekali contoh pengembangan diri dimulai dari yang paling sederhana dan bisa Anda implementasikan ke dalam kehidupan sehari-hari. Proses panjang ini mampu mengarahkan manusia terhadap sejumlah hal-hal yang berguna untuk menjalankan kehidupan.

Mengenal Pengembangan Diri

Pengembangan diri merujuk pada proses memperbaiki diri melalui berbagai strategi dan aktivitas dengan tujuan meraih keinginan pribadi hingga meningkatkan potensi diri. Aktivitas tersebut sebenarnya sederhana dan biasa dijumpai sehari-hari, namun secara tidak sadar dapat berdampak positif terhadap perkembangan diri manusia.

Contoh dari Pengembangan Diri

Bingung seperti apakah contoh nyata dari pengembangan diri? Berikut beberapa di antaranya :

  • Belajar mengontrol emosi

Tidak semua orang pandai dalam mengontrol emosi mereka, padahal kemampuan ini penting dilakukan seiring pertambahan usia.

  • Mengenali diri sendiri

Hampir kebanyakan manusia ketika memasuki usia remaja akhir-dewasa awal kerap kebingungan terhadap dirinya sendiri, termasuk mempertanyakan tujuan hidup, minat, dan lainnya. Menggali seputar diri sendiri juga bagian dari proses pengembangan diri.

  • Melawan kebiasaan menunda

Pengembangan diri melatih seseorang untuk lebih disiplin dan belajar melawan kebiasaan menunda melakukan sesuatu.

  • Melatih ketahanan diri

Akan ada ‘badai’ dalam kehidupan dewasa, maka dari itu penting untuk melatih ketahanan diri, cara bersikap Anda agar siap menghadapi berbagai tantangan dalam hidup.

  • Mengembangkan pola pikir

Pengembangan diri biasanya dilakukan melalui berbagai aktivitas positif yang dapat bantu mengembangkan pola pikir lebih kritis, matang, dan menerima perbedaan.

  • Menerima apa yang tak bisa diubah

Sulit menerima apa yang tak bisa diubah dari diri Anda kerap membuat seseorang mudah stres, hal satu ini dapat mempengaruhi kesehatan mental dan fisik jika dibiarkan. Dalam pengembangan diri, Anda akan belajar untuk menerima apa yang bisa dan tak bisa diubah dari diri.

Tips Seputar Pengembangan Diri

Di samping contoh pengembangan diri yang telah kami jabarkan, berikut beberapa tips dalam usaha mengembangkan diri dan bagaimana cara memulainya :

  1. Meditasi

Bermeditasi menawarkan sederet manfaat baik bagi kesehatan fisik dan mental Anda. Meditasi juga mengajarkan pelakunya belajar kesadaran diri sebagai bekal penting untuk mengembangkan diri.

  1. Journaling

Menulis jurnal adalah salah satu media terbaik untuk mengembangkan value diri Anda yang dapat mengurangi rasa stres dan cemas, menuangkan isi pikiran, perilaku, mencari tahu apa yang diinginkan.

  1. Banyak membaca

Buku menawarkan perspektif baru seputar hidup manusia yang membuat Anda terus bertanya-tanya hingga kemampuan berpikir kritis pun kian terasah dengan baik.

  1. Biasakan afirmasi positif

Sepele, namun luar biasa. Kalimat afirmasi positif adalah contoh pengembangan diri yang juga harus dibiasakan untuk memotivasi serta cegah dari perbuatan buruk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *